Daftar Isi Cerobong

Sepuluh Negara Dengan Kuliner Terbaik

No.10 – Singapura
Setiap  tahun di Bulan Juli, negara kota ini mengadakan Singapore Food  Festival, yang akan menyajikan berbagai makanan lezat ala asia, termasuk  ciri khas Singapura: Kepiting Saus Pedas. Silahkan mampir ke Clarke  Quay atau Boat Quay yang merupakan tempat bersarangnya berbagai restoran  dan kunjungi juga Chinatown Food Street dan Lau Pat Sat Festival Market  untuk makanan lokal terbaik!

Restoran top di Singapura antara  lain adalah One Rochesterm dan Lei Garden, dengan hidangan utama scallop  dalam saus kacang hitam dan hiu panggangnya yang siap menanti anda!

No.9 – Edinburgh, Skotlandia
Bukan  hanya karena adanya 3 restoran yang mendapat tiga bintang Michelin  (Martin Wishart, Number One, dan The Kitchin), tapi juga karena  Edinburgh adalah tempat bercampurnya berbagai budaya. Di mana-mana  selalu ada pub yang ramah menanti, dan disetiap sudut kota selalu ada  festival yang menanti anda. Dan yang paling seru adalah Taste of  Edinburgh Festival, di mana anda akan menjumpai segala macam makanan  Skotlandia dan semua minuman khas Skotlandia.

Ibukota Skotlandia  ini memang surga bagi penggemar makanan, karena pasar, produsen makanan,  rumah-rumah teh, pub dan hotel yang ada hampir semuanya berstandar  tinggi


No.8 – Bologna, Italia
Urusan  kuliner memang Bologna adalah kota yang sangat mengesankan. Kota yang  terletak di dearah yang disebut La Grassa (yang artinya adalah lemak),  merupakan janji tersendiri bahwa makanan yang ada akan sangat kaya cita  rasa.

Daging babi (yang sayangnya haram) merupakan menu utama di  kota ini, tapi tentunya yang paling terkenal di kota ini adalah produk  daging awetan, seperti mortadella, cotechino dan prosciutto (yang tidak  semuanya berbahan babi) dan juga berbagai pasta seperti tortellini,  tagliatelli, paglia e fieno, dan juga parmigiano reggiano.

Untuk  makanan klasik orang Italia, anda dapat jumpai di Al Pappagallo, dan  untuk tortellini, dapat anda kunjungi Da Bertino. Sedangkan untuk  merasakan kekayaan kuliner Italia, saatnya anda kunjungi pasar Via  Clavature, yang menyajikan kekayaan kuliner Italia di depan Anda.

No.7 – Las Vegas, Nevada, Amerika
Las  Vegas, memang terkenal dengan berbagai hal glamor dan judi, tapi  tentunya, juga merupakan tempat yang akan menarik bagi anda yang ingin  merasakan hidup mewah. Berbagai chef kelas dunia menganggap kota judi  ini sebagai rumah kedua mereka: Gordon Ramsay, Mario Batali, Thomas  Keller, dan Emeril Lagasse membuka cabang restoran terbaik mereka di  kota ini. Guy Savoy (dengan daging sapi mudah panggang saus mentega),  Commander’s Palave (French toast ala New Orleans), Firefly untuk tapas  ala Spanyol, dan juga Joel Robuchon yang berhasil meraih tiga bintang  Michelin.
Pasar bahan makanan yang ada di Las Vegas, merupakan tempat sempurna untuk mencari bahan makanan berkelas.

No.6 – Ludlow, England
Kota  yang sangat kecil ini (penduduknya hanya 10.000 orang), tapi memiliki  jumlah restoran terbanyak (di luar London) yang mendapat penghargaan  bintang Michelin. Jadi, bisa dibayangkan, Anda tidak harus antri untuk  merasakan sajian kelas dunia di kota kecil ini. Bahkan siapa tahu, rumah  di ujung jalan hotel anda adalah rumah salah satu chef kelas dunia.

No.5 – Palermo, Italia
Budaya  kuliner Sisilia tercermin dengan sempurna dalam makanan khas kota  Palermo. Ketika di kota ini, anda akan menikmati sayuran, ikan dan  butiran gandum dengan berbagai rasa khas Mediterania dan Timur Tengah.

Palermo  menawarkan makanan terbaik dari Sisilia, yang dapat anda temui di Il  Mulinazzo dan Osteria Altri Tempi, yang menyajikan rasa klasik khas  Sisilia seperti Vampaciucia c’Anciova, sajian pasta dengan tomat,  anchovies dan anggur. Tentunya Focacce tidak boleh ketinggalan, roti  yang digoreng dalam minyak sapi, dengan isi limpa dan paru-paru sapi.  atau Arancini dengan anggur dan daging sapi terbaik.

Jika Anda  sempat jalan-jalan (di tengah berbagai menu makanan yang tampak tidak  ada habisnya), coba kunjungi Ballaro Market, yang akan membuat anda  terpesona dengan berbagai bahan makanan segar khas Sisilia

No.4 – Gothenburg, Swedia
Mungkin  Anda akan terkejut dengan jumlah restoran yang mendapat jumlah bintang  Michelin di Swedia, tapi kenyataanya, Gothenburg memiliki lima restoran  dengan anugerah bintang bergengsi untuk dunia kuliner ini: 28+,  Basement, Fond, Sjömagasinet, dan Kock & Vin.

Kota terbesar  di Swedia ini memang sangat memanjakan para penduduk dan pengunjungnya.  Chef terbaik di dunia rata-rata tinggal di kota ini, dan seafood  merupakan andalan dari kota dengan penduduk 500.000 orang ini.

No.3 – Luxembourg
Negara  kecil yang tidak lebih dari 500.000 penduduk ini memiliki selusin  restoran dengan anugerah bintang Michelin. Ibukota Luxembourg,  Luxembourg City, yang hanya ditinggali 75.000 orang, memiliki beberapa  restoran dengan 3 bintang Michelin. Negara yang mendapat pengaruh budaya  kuliner dari Prancis, Belgia dan Jerman ini kaya sekali dengan ikan  segar terbaik dan juga berbagai kreasi cake dan pastry yang siap menanti  kedatangan anda

No.2 – Mougins, France
Kota kecil di  selatan Prancis ini terkenal karena suhu yang pas untuk urusan perut.  Penduduk yang hanya 16.000 orang, juga akan membuat kota kecil ini  terasa sangat nyaman, apalagi kota kecil ini ternyata memiliki 50  restoran! Dengan sederet nama chef kelas dunia yang membuka restoran di  kota kecil ini, tidak ada salahnya anda tinggal sejenak dan merasakan  budaya perut kelas dunia!.

No.1 – San Sebastian, Spanyol
Daerah  Basque, Spanyol, merupakan daerah yang terkenal akan tapas, makanan  kecil ala Spanyol dengan rasa yang luar biasa dan keunikan serta  citarasa seksi khas Spanyol. San Sebastian, yang terletak di daerah  Basque, merupakan kota yang disebut sebagai ‘Pusat Budaya Tapas’
Di  kota San Sebastian ini, ada minimal 3 restoran yang mendapat anugerah 3  bintang Michelon. Berbagai restoran di pelabuhan San Sebastian siap  menyediakan seafood dengan berbagai gaya yang anda mau, gaya Chinese,  Prencis, Italia, Jerman, atau Basque (bukan Spanyol, Basque!!)

Sumber: http://fenz-capri.blogspot.com/2010/11/10-negara-dengan-kuliner-terbaik.html