Daftar Isi Cerobong

Ini Dia 8 Gejala Adanya Kanker

img

Newcastle, Karena sulit dideteksi, seringkali kanker teridentifikasi ketika sudah berkembang menjadi lebih parah. Namun kini peneliti berhasil mengidentifikasi 8 gejala yang menandakan adanya kanker.

Para ahli dari Keele University mengidentifikasi 8 gejala tersebut setelah melakukan penelusuran terhadap 25 penelitian di Inggris, AS, Belanda, Belgia, Australia, Denmark dan Jerman. Hasil penelusuran tersebut dipublikasikan dalam British Journal of General Practice (BJGP).

Dikutip dari Telegraph, Jumat (27/8/2010), Dr Mark Shapley yang memimpin penelitian tersebut mengatakan 8 gejala itu memiliki tingkat akurasi yang berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang berpengaruh, namun yang paling utama adalah usia dan jenis kelamin.

Anemia defisiensi besi misalnya, pada perempuan berusia 21 tahun belum tentu menandakan adanya kanker. Namun bagi pria berusia 60 tahun ke atas, besar kemungkinannya gejala ini menyertai kanker usus.

Kecuali telah diketahui ada penyebab lain, 8 gejala berikut ini merupakan penanda adanya kanker yang terungkap dalam penelitian tersebut..

  1. Perdarahan di anus (menandakan kanker usus besar pada orang tua)
  2. Anemia defisiensi besi (menandakan kanker usus)
  3. Benjolan di payudara (menandakan kemungkinan kanker payudara)
  4. Pemeriksaan anus yang menunjukkan adanya kanker (menandakan kemungkinan kanker prostat)
  5. Adanya darah di air seni (menandakan kanker di saluran kencing)
  6. Batuk mengeluarkan darah (menandakan kemungkinan kanker paru-paru)
  7. Perdarahan post-menopause (menandakan kemungkinan kanker kandungan)
  8. Kesulitan menelan (menandakan kanker esofagus)
Dr Mark berharap temuan ini bisa membantu dokter maupun pasien untuk dapat mengidentifikasi kanker sedini mungkin. Semakin cepat kanker terdeteksi, semakin besar harapan untuk dapat mengatasinya sebelum berkembang menjadi lebih parah..