Daftar Isi Cerobong

5 Fakta menarik Seputar Bangsa Romawi Kuno


Romawi Tempo dulu adalah Sebuah peradaban yang terbilang Modern. Banyak hal menarik yang dapat kita ketahui dari Peradaban yang Hebat ini. Dan berikut ini adalah 5 hal yang paling menarik dari Peradaban Romawi kuno.

1.Pendidikan
Pendidikan sangat penting bagi Roma Kuno. Orang-orang kaya di Roma Kuno lebih menempatkan banyak kepercayaan dalam pendidikan. Sementara orang miskin di Roma Kuno tidak menerima pendidikan formal, masih butuh banyak belajar membaca dan menulis.

Anak-anak dari keluarga kaya, pada umumnya, dididik dan diajarkan oleh guru pribadi di rumah atau pergi ke apa yang kita kenali sebagai sekolah, dan yang pada umumnya pergi kesekolah adalah anak-anak lelaki nya saja. Dan sekolah mereka pada masa dulu jarang membuat bangunan indifidual, namun kebanyakan dibagun dengan ruangan yang panjang dan setiap kelas hanya dipisahkan oleh tirai.

Yang paling menakutkan dari Sekolah-sekolah romawi kuno dulu adalah peraturannya yang kejam dan mengerikan. Ketika ada seorang Murid yang salah sedikit saja, maka gurunya tidak akan segan-segan memukulinya dengan cambuk kulit. Dan itu adalah sebuah ketetapan yang mustahil untuk di protes.

2.Orang Roma suka diet
Bangsa Romawi biasanya tidak pemakan daging besar dan lebih banyak memakan makanan dari sayuran, bumbu dan rempah-rempah dan juga yang dimasak menjadi bubur.

Namun Terkecuali bagi tentara-tentara mereka, Kaisar sengaja membuat daging dan gandum menjadi menu utama mereka dan tetap saja selalu mengawasi diet mereka dengan mewajipkan latihan-latihan olah Fisik setiap Hari

3.Anjing Penjaga
Bukan hanya sekarang, Namun Sejak dahulu bangsa Romawi kuno telah lama Menggunakan Anjing Sebagai penjaga. Baik itu untuk menjaga lumbung makanan, Toko, hingga rumah mereka. Dan tidak hanya itu, mereka juga telah Terpikir untuk membuat papan Himbauan yang bertuliskan “AWAS ADA ANJING GALAK” dan tentu saja bukan seperti sekarang yang kebanyakan Hanya tulisan Gertakan belaka.

4.Selokan
Orang Romawi sedari dulu adalah bangsa yang Pembersih, dan mandi merupakan hal yang Wajib bagi mereka. Mereka juga memiliki Pasokan air dalam 2 kategori yaitu Air berkualitas tinggi untuk minum dan kualitas air lebih rendah untuk mandi.

Pada 600 SM, Raja Roma, Tarquinius Priscus, memutuskan untuk memiliki sistem saluran pembuangan yang dibangun di bawah kota. Bangunan Selokan ini dibangun Pada masa Perbudakan di Roma.

Hebat nya, Bangunan Selokan yang diciptakan oleh Tarquinius Priscus ini begitu tahan lama dan masih berfungsi hingga kini dan masih benar-benar efektif, walaupun sekarang ini telah digunakan untuk saluran pembuangan Limbah.

Pecunia non Olet

Pecunia non Olet maksudnya disini adalah Uang Tidak berbau. Dari mana asal istilah ini? Pada masa pemerintahan kaisar Romawi Nero dan Vespasianus di abad ke-1 mencetuskan untuk membuat Koin pembayaran berharga dengan bahan mentah Air Urin. Ieekhh...

Masyarakat kecil pada masa itu disuruh untuk buang air urin di tempat khusus sepeti pot dan kesemua hasil dari pengutipan itu disimpan dalam 1 wadah besar. Semuanya itu diolah dengan bahan-bahan kimia dan tentu saja hal itu berhasil menghasilkan uang logam berwarna kuning yang disebut emas pada waktu itu.