Daftar Isi Cerobong

7 hal yang dapat menggagalkan diet seseorang

1. Memilih kacang sebagai cemilan.
Penelitian membuktikan kacang memang membuat kita merasa kenyang lebih lama dibanding cemilan berbumbu seperti kripik atau crakers. Kacang juga kaya akan nutrisi dan serat. Tapi kacang ternyata juga mengandung kalori dan penuh dengan lemak jenuh. Segenggam kacang tanah misalnya, mengandung 150 kalori. "Jadi cobalah satu atau dua butir kacang saja, jangan makan segenggam penuh," kata Schenker.
2. Menimbang berat badan setiap hari.
Kadar air dalam tubuh bisa jadi penyebab perubahan berat badan yang berfluktuasi tiap hari. Jadi ini buka indikator yang bagus untuk penurunan berat badan. Schenker mengatakan, "Sebaiknya menimbang berat badan, sekali saja dalam seminggu. Lakukan pada waktu dan hari yang sama, dengan seminim mungkin menggunakan pakaian -- dan setelah Anda ke toilet."
3. Makan banyak buah.
Walaupun buah makanan sehat, bukan berarti buah bisa menurunkan berat badan. Penelitian membuktikan gula buah atau fruktosa tidak bisa memicu tubuh untuk memberi respon kenyang seperti yang diberikan oleh gula biasa. Artinya buah baik, tapi tidak cukup untuk memuaskan. "Boleh makan banyak buah, tapi iringi dengan sedikit protein seperti dari dari daging, untuk rasa kenyang," kata Schenker.
4. Minum kalori ekstra.
Kongkow dengan teman-teman asyik memang. Apalagi jika ditemani cappucino atau teh hangat manis. Hmm. Andn boleh bilang "Saya tidak makan apa-apa, kok". Tapi hati-hati, cappucino standar biasanya mengandung 120 kalori plus 8 gram lemak. Lalu tambahan susu pada delapan cangkir teh setara dengan tambahan 400 kalori. "Jalan keluarnya gantilah dengan susu skim yang mengandung 20 kalori per cangkirnya atau pilihlah teh herbal."
5. Makan kulit ayam.
Mengganti daging merah dengan daging unggas adalah pilihan bijak untuk memangkas kalori, tapi hanya jika Anda meninggalkan bagian kulitnya. Karena kulit unggas adalah bagian paling banyak mengandung lemak.
6. Mengganti minuman dengan minuman diet.
Berbagai penelitian membuktikan diet tetap bisa sukses dengan air bening biasa tanpa minuman berkalori nol. Pemanis buatan memicu proses pencernaan, yang akhirnya akan meninggalkan rasa tidak puas dan lapar. Maka tak heran minuman diet justru membuat Anda ingin makan lebih banyak.
7. Bumbu salad sayuran.
Salad berisi sayur atau buah memang bagus. Yang perlu diwaspadai adalah dressing atau bumbunya. Gado-gado misalnya dengan bumbu kacang yang digoreng yang terlalu banyak juga bisa berbahaya. "Jadi mintalah selalu agar pramusaji memisahkan bumbu salad dari sayuran Anda, agar Anda bisa mengurangi porsi bumbunya."